TIPS AGAR USAHA TIDAK BANGKRUT

TIPS AGAR USAHA TIDAK BANGKRUT
Berikut ini ada beberapa cara yang harus dimiliki untuk mempertahankan usaha:

Pertahankanlah motivasi

Untuk mempertahankan usaha yang telah dirintis, motivasi harus dipertahankan. Misalnya adalah motivasi untuk mencari untung dengan cara yang benar, motivasi untuk dapat membuka lapangan pekerjaan dengan baik dan secara sehat, atau motivasi untuk mempertahankan perannya dalam pasar.

Mempertahankan pelayanan pelanggan

Ketika berhasil merebut kepercayaan pelanggan, maka selanjutnya adalah bagaimana meningkatkan loyalitasnya dengan memenuhi kebutuhan yang mereka cari. Strategi tersebut cukup efektif untuk mempererat hubungan kita dengan pelanggan. Dengan pelayanan yang prima pastinya pelanggan pun semakin enggan untuk berpaling ke produk atau tempat yang lain.

Mengikuti perkembangan pasar

Jangan hanya berpatokan produk lama. Meskipun memang laku dipasaran, sebaiknya ikuti perkembangan tren pasar yang diminati para konsumen. Dengan mengikuti perkembangan terbaru, kita bisa mengetahui minat para konsumen saat ini dan berusaha memenuhinya untuk menciptakan kepuasan pelanggan. Semakin banyak kita melakukan pengembangan sesuai permintaan pasar maka semakin besar pula peluang yang kita ciptakan untuk memenangkan persaingan pasar.

Amati Kompetitor

Agar tidak ketinggalan pemain lainnya, kita harus selalu mengamati laju perkembangan kompetitor. Ini diperlukan untuk menentukan strategi apa yang bisa digunakan agar bisnisnya tidak kalah dalam persaingan yang ada. Jika kita mengetahui peta persaingan dengan competitor maka secara tidak langsung kita akan termotivasi untuk mencari ide-ide baru dan menciptakan inovasi produk unik guna mengatasi ancaman kompetitor yang semakin sengit.

Mengembangkan usaha

Jangan pernah takut dan usahakan untuk menentukan satu prioritas utama yang menjadi target usaha kita, baik untuk rencana jangka pendek maupun jangka panjang. Dengan menentukan prioritas utama yang ingin dicapai, secara tidak langsung kita bisa lebih fokus membawa usaha tersebut semakin ke depan dan meninggalkan para pesaing.

Perluas jaringan

Salah satu keberhasilan usaha adalah jaringan yang dimiliki. Dengan memiliki banyak relasi/jaringan, semakin besar pula peluang sukses yang kita miliki, sehinga tidak heran bila pemasaran usaha semakin pesat dan perkembangan usahanya mengalami peningkatan yang cukup positif. Ingat, semkin kuat kerjasama yang dijalin, maka semakin mudah pula jalan kita dalam mepertahankan eksistensi usaha.


Artikel Yang Disukai :



 
Copyright © BISNIS DAN PELUANG USAHA | Powered by Blogger