PANDUAN MEMINJAM MODAL USAHA DARI BANK


Ketika ingin memulai usaha kita sering kali terbentur dengan modal. Ya, memang salah satu syarat menjalankan usaha adalah kita harus memiliki modal. Modal dapat kita miliki dari menyisihkan penghasilan bulanan kita sebelumnya atau pun meminjam uang dari kerabat. Tapi bagaimana jika modal yang kita kumpulkan dari sana sini masih kurang? Jangan dulu patah semangat, karena masih ada jalan lain yaitu meminjam uang ke bank.

Memang ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi sebelum mengajukan pinjaman ke bank. Namun pada umumnya semua persyaratan yang dibuthkan tidak memberatkan kita. Jika semua persyaratan sudah dipenuhi, maka pinjaman uang yang Kawan Kapsul ajukan bisa segera dicairkan oleh pihak bank. Meskipun demikian, Kawan Kapsul harus tetap jeli dalam memilih jenis pinjaman agar tidak terjerat utang nantinya. Nah, berikut ini adalah tips dan cara untuk meminjam uang di bank:

Jangan melebihi kebutuhan

Karena berbagai pertimbangan dari pihak bank, terkadang kita tergiur oleh bank karena akan memberikan pinjaman lebih dari yang kita butuhkan. Sebaiknya jangan meminjam uang terlalu banyak di bank karena akan memberatkan Kawan Kapsul sendiri meskipun kita mendapat platform pinjaman yang besar. Dikhawatirkan ketika memegang banyak uang kita tidak bisa mengontrol pengeluaran sehingga akan sulit untuk melunasi. Karena itu, pinjamlah uang sesuai dengan yang dibutuhkan.

Cicilan lebih rendah dari penghasilan

Carilah cicilan yang lebih kecil dari penghasilan kita. Idealnya besar cicilan adalah 1/3 dari penghsailan kita atau maksimal 1/2 dari penghasilan. Ini harus sangat diperhatikan agar kita tidak terlilit hutang karena hutang menumpuk dan tidak dapat melunasinya.

Pilih bunga yang rendah

Masing-masing bank akan memberikan bunga yang berbeda-beda. Untuk itu sebaiknya Kawan Kapsul lebih cermat memilih bank yang dapat memberikan bunga paling rendah. Karena itu, pilihlah bank yang bunga pinjamannya relatif rendah. Dengan demikian maka jumlah bunga yang harus kita bayartidak terlalu besar.

Angsuran jangka pendek

Jika mampu, pilihlah waktu angsuran yang pendek. Karena semakin lama jangka waktu angsuran, maka bunga yang harus kita bayar akan semakin besar. Itulah sebabnya, Kawan Kapsul sebaiknya memilih jangka waktu angsuran yang lebih pendek. Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih jangka waktu angsuran adalah dengan mempertimbangkan dengan jumlah penghasilan. Jangan sampai kita terbebani karena ingin memaksakan jangka waktu angsuran yang singkat. Sebaiknya sebelum meminjam uang di bank, lakukanlah perhitungan secara matang apakah kita sanggup atau tidak membayar cicilan bulanannya. Jika dirasa tidak sanggup, lebih baik urungkan niat Kawan Kapsul.


Artikel Yang Disukai :



 
Copyright © BISNIS DAN PELUANG USAHA | Powered by Blogger