PELUANG BISNIS USAHA KOLAM PANCING

PELUANG BISNIS USAHA KOLAM PANCING

Yang namanya hobby biasanya tidak akan mengenal lelah dan tidak peduli berapa besar biaya yang harus dikeluarkan. Begitu pula dengan orang yang hobby mancing. Berdasarkan hal ini admin fortune 99 tertarik untuk sedikitmelirik peluang usaha bisnis kolam pemancingan. 

Bisnis ini memiliki peluang jika anda memiliki lahan kosong dan dekat dengan sumber air yang mengalir. Intinya memanfaatkan modal atau asset yang ada. Atau sobat bisa bekerja sama dengan orang yang memiliki lahan kosong tersebut untuk dijadikan empang. Tinggal bagi hasil saja. Bagaimana cukup menarik bukan? Bisnis ini segemennya tidak mengenal kalangan, baik bawah, menengah atau atas banyak yang hobby mincing khususnya masyarakat perkotaan yang butuh refreshing.

Misalnya saja jika ingin menjadi pengusaha sukses bisnis pemancingan kolam ikan. Bisnis pemancingan kolam ikan sekarang telah menjadi tren bagi semua kalangan, bukan saja untuk para penghoby memancing, tapi sekarang telah merambat untuk semua orang. Kenapa seperti itu? Iya karena memancing dikolam siapa saja bisa melakukannya. Dengan memancing di kolam pancing, setiap orang akan dapat dengan mudah memancing ikan tanpa trik dan keahlian khusus, karena biasanya para pemilik kolam akan menyediakan ikannya dalam keadaan lapar sehingga mudah untuk dipancing. Jadi semua orang bisa memancing dengan tidak harus bersusah payah dan kepanasan untuk mendapatkan ikan.

Jika kita bisa melihat peluang dan prospeknya, bisnis kolam pemancingan bisa menjadi bisnis yang menggiurkan dan dapat menghasilkan keuntungan yang cukup lumayan. Pengelolaan bisnis kolam pemancingan ini relatif cukup mudah dan persaingannya tidak terlalu ramai. Kolam pemancingan banyak sekali penggemarnya mulai saja dari penggemar mancing, keluarga yang butuh rekreasi, anak-anak muda, orang yang senang hobi memancing dan banyak lagi kalangan lain yang meminatinya. Lantas apa yang harus dipersiapkan untuk memulai usaha ini??

Untuk kiat sukses berbisnis kolam pemancingan ikan maka yang harus disiapkan adalah kita harus memliki tempat usaha yang cukup luas. Bisa saja kita bekerjasama dengan pemilik lahan dan menerapkan sistem sewa. Kalau bisa lokasi mudah dijangkau dan berada di tempat strategis untuk memudahkan konsumen melihat dan mendatangi tempat kita. Bisa saja kita membeli kolam jadi ataupun kalau tidak kita bisa membuat kolam terlebih dahulu. Setelah ada beberapa kolam maka kita bisa mengisi bibit ikan antara lain ikan mas, bawal, gurame, patin ataupun nila. Oke mari kita runut prospek dari peluang usaha bisnis kolam pemancingan di bawah ini.

A. Modal dasar :


Untuk menggeluti usaha ini dibutuhkan lahan yang cukup luas. Untuk itu Anda bisa mencoba bekerjasama dengan orang yang memiliki lahan kosong yang belum digarap. Dari sana lantas dibangun empang atau kolam ikan.

Isi kolam dengan ikan. Biasanya yang diisikan adalah ikan mas, bawal, gurameh, nila, patin atau lainnya. Untuk mendatangkan ikan ini Anda bisa mendatangi pembibitan ikan. Biayanya sangat variatif tergantung jenis dan besar rata-rata ikan tersebut. Perhitungkan juga biaya untuk pemeliharaan ikan seperti pembelian pelet sebagai makanan ikan. Ongkos ini biasanya berkisar 30%-40% dari nilai jual ikan hasil pancingan.

Karyawan yang diperlukan di sini adalah seorang penjaga kolam dan penaksir berat ikan. Namun bisa juga ditambah tukang masak ikan jika Anda juga melayani pemasakan ikan langsung di tempat.

Untuk mendapatkan pemancing, Anda bisa menyebarkan brosur di perumahan atau perkampungan. Bisa juga Anda mengadakan lomba mancing setiap minggu atau sebulan sekali. Ini cukup efektif mendatangkan para pemancing.


B. Persiapan :
Sebenarnya usaha ini tak terlalu sulit dikembangkan. Asal Anda cukup jeli, pasar penggemar mancing itu cukup terbuka. Untuk menarik pengunjung, sesekali adakan lomba man­cing. Sewakan juga alat pancing dan jual pakan ikan untuk memancing. Jika perlu, siapkan juga tukang masak untuk memasak ikan bagi pemancing yang ingin segera menikmati hasil tangkapannya.

C. Proyeksi pendapatan :
Usaha seperti ini biasanya (misalnya) mematok tarif Rp 25 ribu -Rp 50 ribu untuk pengunjung yang memancing seharian penuh, Rp 15 ribu buat yang setengah hari mancing. Harga ini bisa juga dipengaruhi jenis ikan yang ada di kolam pemancingan. Sedangkan untuk pemancing yang memilih kolam kiloan, dihitung berdasar jumlah kilogram ikan yang didapat, misalnya Rp 13 ribu untuk 1 kg ikan emas dan Rp 14 ribu untuk 1 kg ikan patin. Harga ikan ini pun sangat variatif tergantung daerah yang bersangkutan.

Kemudian, jika Anda membuka tempat sekaligus untuk memasak ikan, hasilnya bisa menjadi lebih berlipat. Oya tarif di atas nilainya relatif (mungkin bisa sedikit lebih mahal). Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat kawan.


Artikel Yang Disukai :



 
Copyright © BISNIS DAN PELUANG USAHA | Powered by Blogger