KUNCI PEMASARAN WARUNG KECIL


KUNCI PEMASARAN WARUNG KECIL
Berwiraswasta dengan membuka usaha kios kecil atau warung kelontong adalah merupakan bentuk usaha yang sederhana dan dapat ditemukan dengan mudah disegala pelosok kota maupun desa.

Dulu, tidak ada pesaing yang berarti bagi toko, warung dan kios tersebut karena rata-rata mereka sudah punya pelanggan tersendiri. Selain itu banyaknya usaha sejenis tidak menimbulkan persaingan yang tidak sehat diantara mereka. Semua itu terjadi karena tidak ada sistem monopoli dimana satu toko bisa menguasai satu atau dua wilayah tertentu.

Namun sejak kehadiran minimarket-minimarket yang bermodal besar, usaha-usaha kecil ini lambat laun mulai terancam terutama dari segi pendapatan. Bagi yang menjadikan usaha ini sebagai mata pencaharian utama tentu akan sangat terasa dampaknya. 

Kata orang-orang pintar, kunci kesuksesan suatu usaha tidak terlepas dari 4 P yaitu 
  1. Place 
  2. Promosi
  3. Price 
  4. Pelayanan 
dimana 4P ini akan berjalan lebih baik jika kita bisa menerapkan STP (segmentation, targetting, dan Positioning). 

Sekarang yang penting adalah bagaimana strategi terbaik dalam menghadapi persaingan yang tidak sehat tersebut? Bagi yang ingin sekedar bertahan mungkin cukup dengan menjaga kualitas pelayanan yang diberikan selama ini pada pelanggannya, 

Tapi bagi yang ingin usahanya berkembang dan maju tentu tidak bisa menerapkan hanya dengan satu pola itu saja. 

Jadi otomatis para pemilik memang harus berani mengambil resiko untuk pengembangan usahanya. antara lain dengan menambah modal usaha (pinjem dari bank, menggadaikan barang berharga atau menjual kendaraan dan sebagainya) meskipun tetap membutuhkan perencanaan yang matang agar minimal tidak menimbulkan kerugian yang besar jika hasilnya tidak/belum sesuai yang diinginkan.

Intinya didalam dunia usaha akan selalu ada persaingan terutama yang tidak sehat yang tidak pandang bulu apakah itu usaha kecil atau bukan. Semua kembali ke individu masing-masing bagaimana menyikapi dan menyiasatinya.
disarikan dari search google.co.id - http://waroengkemanx.blogspot.com/


Artikel Yang Disukai :



 
Copyright © BISNIS DAN PELUANG USAHA | Powered by Blogger