BISNIS USAHA JASA PENGIRIMAN BARANG

You are here: Home / Bisnis Jasa / Cara Memulai Bisnis Online Jasa Pengiriman

Cara Memulai Bisnis Online Jasa Pengiriman


BISNIS USAHA JASA PENGIRIMAN BARANG

Berbagai bisnis online kini mulai merebak di internet. Ada yang bisnis kepenulisan. Ada yang berbisnis menjual ebook. Ada yang berbisnis menjual buku atau barang elektronik. Ada yang berbisnis barang atau benda kuno. Ada yang berbisnis konsultasi jasa membuat buku. Ada juga bisnis online jasa pengiriman. Tentang yang terakhir ini, sebenarnya ada berbagai macam cara memulai bisnis online jasa pengiriman. Ada yang perlu modal hingga ratusan juta, ada yang hanya bermodalkan koneksi dan kepercayaan.

Nah, bagaimana cara memulai bisnis online jasa pengiriman? Berikut ini tips mudah untuk dipraktekkan.

  • Mulai dari survei atau riset pasar. Petakan kondisi dan keinginan masyarakat dimana Anda akan mengembangkan bisnis. Meskipun online, upayakan usaha Anda dikenal di kota tempat tinggal Anda.
  • Sebelum memiliki usaha online, maka dirikanlah usaha jasa pengiriman di dunia nyata terlebih dahulu. Bila usaha Anda berhasil, maka akan lebih mudah untuk membangun website. Inilah cara memulai bisnis online jasa pengiriman yang mungkin terkesan kuno namun efektif.
  • Bangunlah nama dan kredibilitas diri Anda sendiri. Kepercayaan akan timbul bila Anda memiliki reputasi yang baik di mata pelanggan online dan di dunia nyata. Ketepatan jadwal pengiriman dan pengantaran merupakan salahsatu service yang dilihat untuk membangun reputasi. Perhitungkan juga adanya resiko keterlambatan pengiriman yang akan sangat mempengaruhi kepercayaan pelanggan.
  • Buatlah website yang berisi informasi lengkap tentang bagaimana cara memulai bisnis online jasa pengiriman. Ini merupakan langkah awal yang tepat di dalam mengedukasi kompetitor dan calon pelanggan.
  • Jangan lupa rajin-rajinlah bersilaturahmi untuk mempromosikan website baru Anda. Silaturahmi yang Anda lakukan bukan semata promosi dan pengenalan bisnis online milik Anda, melainkan karena memang ingin menjalin dan membina persaudaraan.
  • Rangkullah semua “saingan” Anda. Jadi alih-alih merasa “saingan” Anda sebagai kompetitor Anda, maka ajaklah mereka untuk membuat satu organisasi atau wadah khusus, misalnya: Persatuan Pebisnis Online Indonesia.
  • Tentukan target dan alat transportasi untuk mengirim barang sampai di tujuan. Meskipun bisnis kita online, namun barang tetap harus sampai dengan selamat sampai di tujuan. Target yang kita bidik juga sebaiknya sempit dan spesifik, misalnya eksklusif dari kalangan ekonomi menengah dan atas. Ciptakan kesan eksklusif untuk bisnis yang sedang kita rintis.



Artikel Yang Disukai :



 
Copyright © BISNIS DAN PELUANG USAHA | Powered by Blogger