Meski Bikin iPad karyawan di Cina Tak Tahu Hasil Produknya


Mayoritas produksi iPad Apple kini diproduksi di negeri China, namun sayangnya justru agak aneh kedengarannya, bila karyawan pabrik iPad Apple di Cina tidak tahu bagaimana bentuk barang yang mereka kerjakan.

Berikut ini pengalaman salah seorang karyawati pembuat iPad Appel yang namanya disamarkan dalam sebuah wawancara dengan CNN News.

Nona Chen tatapan penuh rasa ingin tahu di iPad. Meskipun ia bekerja lembur di pabrik di barat daya Cina yang memproduksi iPad Apple, dia pernah melihat produk jadi.

"Wow, saya menginginkannya," kata Chen, meremas jarinya di layar glossy dengan rasa ingin tahu dan takjub.

Mahasiswa 18-tahun dari sebuah desa di luar megacity selatan Chongqing adalah salah satu dari lebih dari satu juta pekerja pabrik di sebuah perusahaan Cina yang membantu produk manufaktur untuk kerajaan Apple Inc global yang menguntungkan, yang meraup 46,3 miliar dolar Amerika

Di sebuah pabrik sekitar satu jam di sebelah barat ibukota Sichuan Chengdu, Foxconn Technology Group, salah satu mitra terbesar Apple manufaktur. Foxconn mempekerjakan ratusan ribu karyawan yang bekerja shift siang atau malam, makan dan tidur di fasilitas perusahaan, karena mereka membantu membangun produk elektronik untuk Apple dan banyak nama merek global lainnya, seperti Amazon Kindle dan Microsoft Xbox.

Nama Chen telah diubah untuk cerita ini. Dia mengatakan kepada CNN bahwa semua rekan Foxconn telah diperintahkan untuk tidak berbicara dengan wartawan manapun .

Kelompok hak seperti Hong Kong Buletin Buruh Cina, Mahasiswa dan Sarjana mengatakan perusahaan Foxconn berlaku ketat seperti layaknya militer salah satunya dengan budaya pengawasan, ketaatan dan bukan wewenang menantang. Pekerja diberitahu mematuhi atau pergi.

Ini adalah budaya yang menindas kelompok buruh dan memberikan kontribusi untuk melakukan upaya tindakan bunuh diri pada tahun 2010 di pabrik Shenzhen. Upaya pencegahan bunuh diri dilakukan perusahaan Foxconn memasang jaring dalam upaya untuk mencegah karyawan dari melompat.

Sebagai seorang mahasiswa miskin yang tidak memiliki pengalaman kerja, mencari pekerjaan di pasar yang kompetitif China adalah perjuangan yang berat. Jadi, ketika Chen ditawari posisi satu bulan di Foxconn selama Festival Musim Semi - dengan janji-janji keuntungan yang besar dan lembur sedikit, dia langsung mengambil kesempatan.

Hatinya kecewa setelah tiba di pabrik Foxconn, ketika dia tahu hanya karyawan senior mendapatkan manfaat fasilitas itu. Chen mengatakan dia juga dipaksa bekerja lembur secara teratur.

Karyawan Foxconn punya pepatah, 'mereka menggunakan perempuan sebagai laki-laki dan laki-laki sebagai mesin'

"Selama hari pertama saya bekerja, seorang pekerja yang lebih tua berkata kepada saya, 'mengapa Anda datang ke Foxconn Jangan pernah berpikir tentang hal itu lagi dan pergi sekarang?'," Kata Chen, yang berencana untuk kembali ke studinya pada Chongqing universitas segera. "Karyawan Foxconn punya pepatah," mereka menggunakan perempuan sebagai laki-laki dan laki-laki sebagai mesin. "

Perusahaan Foxconn adalah bagian dari Taiwan Hon Hai Precision Industry Co yang memasok iPads dan iPhone. Foxconn baru ini merilis sebuah pernyataan yang membela praktek perusahaan, yang menyatakan karyawan berhak mendapatkan banyak manfaat termasuk akses ke perawatan kesehatan dan kesempatan untuk promosi dan pelatihan.

"Foxconn bertanggung jawab kepada para karyawan sangat serius dan kami bekerja keras untuk memberikan 1,2 juta karyawan kami di Cina lingkungan kerja yang aman dan positif dan kompensasi dan manfaat yang kompetitif dengan semua rekan-rekan industri kami di lokasi itu," kata Foxconn dalam email pernyataan kepada CNN.

Menanggapi pertanyaan dari CNN, Apple merilis pernyataan ini: "Kami peduli setiap pekerja dalam rantai pasokan kami di seluruh dunia Kami bersikeras bahwa pemasok kami memberikan kondisi kerja yang aman, memperlakukan pekerja dengan bermartabat dan hormat, dan menggunakan proses manufaktur bertanggung jawab terhadap lingkungan di mana pun produk Apple. dibuat. pemasok kami harus memenuhi persyaratan tersebut jika mereka ingin terus melakukan bisnis dengan Apple. "

Kami bekerja keras untuk memberikan 1,2 juta karyawan kami di Cina lingkungan kerja yang aman dan positif
Pernyataan dari Foxconn

Pejabat Apple juga mencatat bulan lalu menjadi perusahaan pertama dirawat di Asosiasi Tenaga Kerja Fair, "sebuah organisasi nirlaba terkemuka yang berdedikasi untuk memperbaiki kondisi pekerja di seluruh dunia."

Dalam sebuah email kepada karyawan Apple, CEO Tim Cook mengatakan bahwa perusahaan peduli tentang setiap pekerja dan "kecelakaan apapun sangat mengganggu, dan setiap masalah dengan kondisi kerja yang memprihatinkan."

Meskipun laporan luas menceritakan kondisi kerja yang buruk, beberapa ahli mengatakan pabrik Foxconn masih menawarkan manfaat yang lebih baik dan sekitarnya dari sebagian besar pabrik di Cina - menyediakan AC, pemanas dan asrama bersih bagi karyawannya.

Penulis: Budi Prasetyo | 
Akses Tribunnews.com


Artikel Yang Disukai :



 
Copyright © BISNIS DAN PELUANG USAHA | Powered by Blogger